Pengertian Gerak
Seni tari termasuk salah satu cabang kesenian yang cara penghayatannya dengan indera penglihatan atau disebut dengan seni visual dan gerak sebagai unsur terpenting di dalamnya. Adapun unsur-unsur lain yang mendukung sebuah pertunjukan tari adalah
· Iringan
· Tempatpertunjukan
· Tema
· Tema
Apakah yang dimaksud gerak dalam tari?
Gerak dalam tari adalah serangkaian jenis gerak dari anggota tubuh yang dapat dinikmati , dalam satuan waktu dan dalam ruang tertentu. Sehingga dapat dibedakan antara gerak kreasi dan gerak murni/ wajah maupun gerak refleks. Untuk mengungkapkan gerak ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan, antara lain:
1) Tenaga
Untuk menimbulkan gerak tidak hanya sekedar mengandalkan kekuatan otot semata, tetapi berdasarkan pada emosional atau rasa dengan penuh pertimbangan tentang volume gerak (panjang pendek dan kuat lemahnya gerak), cepat lambatnya gerak dalam tempo tertentu, lebar, dan sempitnya ruangan.
2) Ruang
Ruang adalah dimensi panjang, lebar, dan tinggi suatu tempat.
3) Waktu
Waktu yang dimaksud di sini adalah tempo, artinya kapan harus cepat dan kapan harus lambat, dan kapan harus panjang, dan kapan harus pendek. Dari penggunaan tempo gerak dan masing-masing anggota tubuh dan menimbulkan kesan dinamis.
Ada 2 jenis gerak dalam tari
a) Gerak murni/wantah : gerak yang belum distilir/diperhalus
b) Gerak maknawi : gerak yang telah diolah, diperhalus dan dirombak menjadi bentuk artistik
Pengertian Tari Tradisional
Tari tradisional adalah tarian yang hidup dan berkembang disatu daerah tertentu secara turun menurun yang menjadi cirri khas daerah tersebut dan dipengaruhi oleh kondisi geografis serta adat daerah setempat.
Berdasarkan sejarah perkembangan nya jenis tari ada tiga yaitu,
1) Tari Rakyat adalah bentuk tari yang tumbuh dan berkembang di kalanganrakyatbiasa. Contoh tari rakyat adalah Tayub, Srandul, Kethek Ogleng, Reog, dan sebagainya.
2) Tari klasik adalah tarian yang tumbuh dan berkembang di lingkungan istana. Contoh tari klasik adalah Menak Koncar, Gambyong, Bondan, Bedhaya, Merak, dan sebagainya.
3) Tari kreasi adalah bentuk tari yang dikembangkan dari tari rakyat dan tari klasik atau tradisional. Contoh bentuk tari kreasi baru adalah Wira pertiwi, Soyong, Tepak tepak putrid, Yapong, dan sebagainya.
Berdasarkan koreografi nya, jenis-jenis tari dibedakan menjadi :
1) Tari tunggal ( Solo ), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan. Contoh nya tari Golek ( JawaTengah ).
2) Tari berpasangan ( duet/pas de duex), Tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. Contoh nya tari Topeng (Jawa Barat).
3) Tari kelompok ( Groupchoreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.
UnsurPendukungTari ( Property )
Properti tari merupakan semua alat yang digunakan sebagai media atau perlengkapan dari pementasan suatu tarian. Pada dasarnya, penggunaan properti tari ditujukan untuk memberikan kesan keindahan sekaligus sebagai media untuk menyampaikan makna yang terkandung dari suatu tarian. Berikut ini adalah tabel yang berisi daftar tarian tradisional indonesia beserta asal daerah dan properti yang digunakannya.
No.
|
Nama Tarian
|
Asal Daerah
|
Properti Tari
|
1
|
Tari Reog
|
Ponorogo
|
Reog
|
2
|
Tari Pendet
|
Bali
|
Bokor
|
3
|
Tari Kipas Pakarena
|
Sulawesi Selatan
|
Kipas
|
4
|
Tari Topeng Cirebon
|
Cirebon
|
Topeng
|
5
|
Tari Kuda Lumping
|
Jawa Tengah
|
Kuda Lumping
|
6
|
Tari Piring
|
Sumatera Barat
|
Piring
|
7
|
Tari Bondan
|
Jawa Tengah
|
Payung, Boneka, Kendi
|
8
|
Tari Payung-Payung
|
Sumatera Barat
|
Payung
|
9
|
Tari Legong
|
Bali
|
Kipas
|
10
|
Tari Serampang 12
|
Riau
|
Sapu tangan
|
Keunikan Gerak Tari Tradisional
NO
|
GAMBAR
|
KETERANGAN
|
1.
|
NAD
|
Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.
|
2.
|
Bali
|
Tari Bali memiliki ciri khas pada gerak mata, gerak yang energik, musik yang lebih dinamis dan warna-warna kostum yang dominan warna emas
|
3.
|
DIY
|
Tari Bedaya, merupakan tariankeraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.
|
4.
|
Sumatra Utara
|
Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.
|
5.
|
Kalimantan Timur
|
Tari Gong, di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tamu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku
|
6.
|
Jawa Tengah
|
Tari Bambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Arjuna melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.
|
7.
|
Papua Timur
|
Tari Selamat Datang, tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.
|
8.
|
Sulawesi Selatan
|
Tari Kipas Pakarena, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas sambil mengikuti alunan lagu.
|
Gerak kepala
a) Noleh/tolehan : Gerak dagu ke samping kanan / kiri membentuk garis lengkung
b) Pacakgulu : Gerak dagu membentuk angka 8
c) Mbantheng nggambul : Gerak kepalake samping membentuk garis lengkung
d) Jiling : Gerak otot leher kesudut atas
Gerakan dasar tangan
Ada yang menyebutnya dengan istilah nyekithing. Yaitu posisi tangan dengan ibu jari menempel pada jari tengah, membentuk bulatan. Sedang jari yang lain ditekuk lengkung ke bawah.
Ngrayung
Ngrayung adalah bentuk gerak tangan dengan posisi ibu jari menempel pada telapak tangan, dan keempat jari berdiri dengan posisi jari-jari rapat.
Ukel
Gerakan tangan denganmemutarpergelangan tangan berlawananarahjarumjam, denganposisi tangan ngithing.
Nyempurit Nyempurit, posisi jari-jari tangan hampir sama dengan ngithing. Hanya saja posisi ibu jari menempel pada sisi jari tengah sedang jari yang lainnya posisi tekuk (melengkung ke bawah)
Kebyok
Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan kepergelangan tangan dengan menggunakan selendang sehingga selendang menyangkut di pergelangan tangan.
Kebyak
Adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan sehingga selendang lepas dan tidak lagi berada di pergelangan tangan.
Ulap-ulap Posisi tangan sepertingrayung, denganposisipergelangan tangan ditekuk dan posisiibujariberdiri, terletaklurus pada dahi/kening (sepertihormat).
kanan yang diletakkan pada depanpundakkiri. Sebaliknyatawingkiri, dilakukan tangan kiri yang diletakkan pada pundakkanan.
Digunakan pada tariputragagah. Posisi tangan mbayamangapadalahposisi tangan sama sepertingrayungtetapiibujaritidakmenempel pada telapak tangan. Ibujarimembukaluruskedepan.
Ngepel
Posisijari tangan mengepal, denganibujari dan jarikelingkingditekuklengkung.
Seblak
Gerakanmenyibakselendang/sampurdaripangkalikatanselendangsampaimerentangluruskesampingbadan.Kemudianarahkanselendangkebelakang.Seblakkanankearahkanan, seblakkirikearahkiridengantangankiri, atausecarabersamaan.
GerakDasar Kaki
Beberapaistilahgerakan kaki pada taritradisionalJawaTengah, antara lain:
Adalahbentukdasargerakan kaki dimana posisitelapak kaki salingmerapatbagiantumitsedangbagiandepanmembuka 45 derajat (menghadapsudut)
Mendak
Adalahbentukdasar kaki yang paling dominan, yaituposisilutut kaki ditekuk (merendah).Posisiinidilakukanselamamenari.
Debegadalahmenghentakkantelapak kaki bagiandepan. Debegkanan yang dihentakkan kaki kanan, sedangdebegkiri yang dihentakkan kaki kiri. Setiapgerakandebegselaludiikutigejug. Debegdangejugmerupakansaturangkaian, namungejugtidakselaludiawalidengandebeg. Gejugdapatberdirisendiri.
Gejug
Gejugadalahmenghentakkan kaki bagiantelapak kaki kebelakang kaki yang menjaditumpuan.gejugada 2, yaitugejugkanandangejugkiri
kenseradalahgerakan kaki denganberpindahposisimenggeserkantelapak kaki secarabersamaan
Adalahposisiduduk di atas kaki. Jengkengpadaketigajenistarisangatberbeda.Padatariputriposisi kaki kanansebagaitumpuanduduk, sedangposisi kaki kirididepan kaki kanan
Adalahposisi kaki dimanaletaktelapak kaki kanan/kiriagakdi depantelapak kaki kiridan kaki kiridibelakang kaki kanan. Pada tariputri, tidakadajarak antara telapak kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada tariputraalusberjaraksatutelapak kaki, dan pada tariputragagahlebihlebarlagi, denganukuranlebarkuranglebih 2 x telapak kaki.
Silaadalahposisidudukbersila. Kaki kanandidepan kaki kiri.
Srisig
Srisigadalahposisiataugerakanberjalancepat, denganposisi kaki jinjitdanmendak
Lumaksana
LumaksanadalamtariJawaadalahgerakanberjalankedepan (maju)
Trecet
Trecetadalahgerakansepertilariditempatdenganposisi kaki membukadanjinjit.
Tranjal
Meloncatkesampingbaikkekananmaupunkekiridengangerak kaki bergantiansalingmenyusul.
Comments
Post a Comment